Kamis, 23 Oktober 2008

Menjamurnya Partai Baru dan Caleg

Menjamurnya partai baru dan caleg baru membuat masyarakat yang sudah bingung menjadi bingung. Menjamurnya partai dan caleg di satu sisi menguntungkan dan di satu sisi merugikan. Dikatakan menguntungkan karena caleg-caleg baru diberi peluang dan harapan untuk dapat menyalurkan aspirasi politiknya melalui partai-partai baru dimana pada partai baru ini dia bisa mendapat nomor urut satu atau dua dimana peluang untuk duduk di DPR daerah, propinsi dan pusat juga besar jika dibandingkan dia mencalonkan diri di partai lama. Di samping itu para pemilih juga di beri banyak pilihan untuk menentukan wakilnya yang akan duduk di dprd dan dpr. Dengan kata lain proses demokrasi di negeri kita ini akan lebih berkualitas karena tingkat kompetensinya tinggi.
Sisi negatif dari menjamurnya partai dan caleg adalah pemborosan biaya ,waktu dan juga dapat meningkatkan jumlah golput. Dengan banyaknya partai tentu juga akan banyak menguras anggaran negara untuk mengakomodasi keberadaan partai tersebut.
Kita berharap keberadaan partai yang begitu banyak ini akan terseleksi dengan baik sehingga hanya partai yang betul-betul memihak kepada rakyat yang tersisa, semoga.

Tidak ada komentar: